Jumat, 29 Maret 2013

Heli Misionaris Ditembak di Puncak Jaya



— Helikopter milik misionaris dengan nomor penerbangan VIDA PK-HME, ditembak kelompok sipil bersenjata (KSB) saat melintas di Gurage, kawasan Puncak Senyum, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa (26/3/2013).

Data yang dihimpun Antara menyebutkan, heli itu tiba di lapangan terbang Mulia sekitar pukul 11.20 WIT dengan membawa BBM jenis oli pesanan Yajasi, bersama dua penumpang. Namun, kedua penumpang tersebut tidak turun saat berada di lapangan terbang Mulia.

Setelah membongkar muatan, sekitar pukul 11.34 WIT, heli tersebut terbang kembali ke Wamena. Saat terbang dan melintas di kawasan Puncak Senyum (Gurage) ditembak oleh KSB hingga mengenai kaca depan atau kokpit, tetapi heli tetap terbang dan mendarat di Wamena.

Dandim Puncak Jaya Letkol Inf Jo Sembiring ketika dihubungi mengakui adanya insiden tersebut. Jo Sembiring menambahkan, berdasarkan laporan yang diterima, heli itu tidak menggunakan rute biasa pesawat-pesawat yang hendak keluar dari Mulia.

"Dari laporan yang diterima terungkap heli tersebut saat kembali ke Wamena, melintas di kawasan yang selama ini menjadi basis KSB dan rute tersebut tidak pernah dilintasi," kata Letkol Inf Sembiring.

Sementara itu, akibat peristiwa penembakan itu, sejumlah perusahaan penerbangan membatalkan penerbangannya ke Mulia. Penerbangan Mulia-Wamena, biasanya ditempuh sekitar 50 menit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar